Kerupuk dan Kemplang

Pedamaran merupakan salah satu dari 18 kecamatan paling tua yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Propinsi Sumatera Selatam (Sum-sel). Banyak hal yang menarik di daerah ini diantaranya adalah Sungai Babatan yang setiap harinya digunakan sebagai jalur tranportasi air menghubungkan antar kecamatan maupun kota lainnya. Sungai Babatan ini mengalir sampai ke Sungai Musi yang terletak di Kota Palembang.
Di sungai ini ada yang namanya rumah terapung (rakit) masyarakat yang kesehariannya hidup dalam kerajian/ kegiatan membuat kerupuk kemplang. Mulai dari yang bernilai 100% sampai nol %. Kerupuk kelempang ini sudah terkenal sampai kepelosok negeri yang ada di Indonesia bahkan ke luar negeri sekalipun.
Selain itu masyarakat pedamaran juga ada yang menangkap ikan secara tradisional, baik penangkap melalui jaring (pukat), jala (jalo), tajur, mancing, rawai dan jenis lainnya. Anak sungai dari Sungai Babatan ini juga cukup banyak sehingga setiap setahun sekali diadakan Lelang Lebak Lebung (L3) yang dilaksanakan dikantor kecamatan.